Beranda > Tulisan Serius > Bahaya Merokok

Bahaya Merokok

pembunuh

Rokok merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi kita. Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat. Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko tim bulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi ,serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin

Pasien-pasien perokok juga berisiko tinggi mengalami komplikasi atau sukarnya penyembuhan luka setelah pembedahan termasuk bedah plastik dan rekonstruksi, operasi plastik pembentukan payudara dan operai yang menyangkut anggota tubuh, bagian bawah Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk. Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi. Sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa anak-anak remaja jaman sekarang sebagian besar menyukai kebiasaan merokok. Maka dari itu untuk menanggulanginya kita semua berusaha untuk menjauhinya. Karena dampak negatif dari pada merokok sangat berbahaya bagi kita para remaja dan juga para pengguna rokok lainnya.
Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, bronkhitis , tekanan darah tinggi, hipotensi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari seconhandsmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif.

Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yakni tembakau. Di Indonesia tembakau ditambah cengkih dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek. Selain kretek tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok putih, cerutu, rokok pipa dan tambakau tanpa asap (tembakau kunyah). Sebetulnya apa saja yang terkandung dalam asap sebatang rokok yang dihisap ? Tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 persen) dan partikel. Nikotin, gas karbonmonoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak,asetilen,methanol, kumarin, 4-etilkatekol, ortokresol dan perylene adalah sebagian dari beribu-ribu zat di dalam rokok. Komponen gas asap rokok adalah karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi dan menimbulkan kanker (karsinogen). Sebetulnya apa sih zat-zat tersebut dan bagaimana mereka membahayakan tubuh ?

gantungkan hidup dengan rokok?

Kesimpulan

  • · Dari apa yang telah kita bahas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa bahaya merokok sangat berbahaya bagi pengguna rokok maupun non pengguna rokok sepertiBagi perokok pasif yang menderita penyakit pernafasan atau penyakit jantung, serta orang tua, mereka bahkan lebih rentan dengan asap rokok yang kita hembusin.
  • · Anak-anak berusia kurang dari 1 taon juga bakal lebih sering masuk Rumah Sakit karena ganguan penyakit pernafasan.
  • · Selain itu, anak-anak yang jadi perokok pasif juga beresiko menderita infeksi telinga, pneumonia, dan bronkitis.

· Terakhir, seorang ibu yang merokok – selama dan setelah kehamilan – berisiko 3x lebih besar menyebabkan sang bayi meninggal akibat sindrom kematian mendadak.

Sayangi Paru2 anda

*Ditulis dari berbagai sumber

Iklan
Kategori:Tulisan Serius
  1. 26 Januari 2011 pukul 15:36

    Informasi yang sangat bermanfaat, ijin copy ya mas untuk pembelajaran siswa saya. Salam dari pekalongan.

    • Taufiq_Qipot
      26 Januari 2011 pukul 22:13

      Salam balik pak Tegu, dari Bumi AREMA…
      mudah2an semakin banyak anak muda yang sehat tanpa rokok..

    • Taufiq_Qipot
      26 Januari 2011 pukul 22:14

      Salam balik pak Teguh, dari Bumi AREMA…
      mudah2an semakin banyak anak muda yang sehat tanpa rokok..

  2. 26 Januari 2011 pukul 16:10

    serius amat postingannya he he

    • Taufiq_Qipot
      29 Januari 2011 pukul 10:04

      Kontemplasi mbah

  3. 26 Januari 2011 pukul 17:21

    Saya nggak suka rokok….

    ayo berkempanye NO SMOKING day!!!

    • Taufiq_Qipot
      29 Januari 2011 pukul 10:04

      Stop meracuni diri sendiri

  4. 26 Januari 2011 pukul 23:41

    semoga semakin banyak yang sadar tentang bahaya merokok sam….

    • Taufiq_Qipot
      28 Januari 2011 pukul 23:54

      Hidup sehat tanpa tembakau

  5. edo
    6 Juni 2012 pukul 19:40

    dk ada orang merokok langsung mati……..
    hahahahahahaha

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: