Arsip

Archive for the ‘Renungan’ Category

Bidadari-Bidadari itu pun Berjatuhan ke Neraka

Syair lagu yang mengatakan ” Kau Cantik bagaikan bidadari yang turun dari Surga atau Kau merupakan bidadari yang turun ke Bumi ” dan masih banyak lagi kalimat rayuan ataupun pujian yang diungkapkan oleh penyair, pujangga maupun anak muda saat ini yang ditujukan kepada para wanita pujaannya.  Bahkan mungkin kita sendiri yang menjadi pengagum selebritis wanita yang cantiknya keterlaluan, jika kita nonton tivi mungkin setiap hari ada aja artis-artis pendatang baru yang muncul di program-program mulai sinetron, gossip, maupun talkshow rutin. Sadar atau tidak pada dasarnya semua orang itu suka akan pujian apalagi wanita, mulai dari ABG (Anak Baru Gede) sampai emak-emak pun sangat suka kalo dipuji. Pujian itu melenakan dan membuat wanita berlomba-lomba untuk mempercantik diri, mereka ber make-up tebal kemana-mana, pakai pakaian yang nge trend dan bahkan ada yang sampai merubah wajahnya dengan operasi plastik.

Wanita itu mulia dia adalah sumber dari segala kehidupan manusia. Baik atau buruknya suatu masyarakat bergantung pada baik atau buruknya wanita. Wanita adalah ibu yang menjadi pondasi jiwa dan akal anak-anaknya sejak pertama kali dilahirkan sampai si anak dewasa, jadi bisa dibilang kalo masa depan bangsa itu bergantung bagaimana para ibu mendidik anak-anaknya saat ini. Jika ibu-ibu itu penggosip yaa akan lahirlah generasi masa depan tukang gosip, jika ibu-ibu suka pamer maka nggak heran jika dimasa mendatang lahir generasi-generasi sombong yang bahkan mereka menyombongkan hal-hal yang mereka tak punya. bingung khan.

Rasullullah bersabda dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

 “Aku diperlihatkan di surga. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mungkin para wanita kebanyakan tidak terima dengan kenyataann itu, namun maksud dari hadits tersebut untuk mengingatkan kepada kita semua bahwa agar kita selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Kita lihat apa yang menjadi kegiatan kebanyakan wanita pada saat ini, namun bukan berarti laki-laki pun bisa terlepas dari kebiasaan-kebiasaan ini

Yang pertama Tabarruj, Yang dimaksud dengan tabarruj ini adalah seorang wanita yang menampakkan “perhiasannya” dan keindahan tubuhnya serta apa-apa yang seharusnya wajib untuk ditutupi dari hal-hal yang dapat menarik syahwat lelaki. Terbukti sekarang banyak banget ABG sampai ibu-ibu yang ke Mall pake Hot Pants, singlet atau pun pakaian yang sekilas menutupi aurat tapi saking ketatnya sampai menampilkan lekuk-lekuk tubuhnya. Bahkan yang mengherankan, atas nama kesetaraan gender dan Hak Asasi Manusia mereka mengeksploitasi wanita dengan event-event internasional, kompetisi kecantikan dan keseksian yang hal itu mendorong wanita berlomba-lomba menunjukkan dirinya agar diakui paling cantik, paling seksi paling waaahh..

Yang Kedua adalah Wanita yang senang bergunjing / gosip

Rasulullah saw. Menegaskan pengertian bergunjing sebagai berikut: “Tahukah kalian apa ghibah itu?”. Para Sahabat menjawab: “Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu”. Maka beliau bersabda: “Memperbincangkan saudaramu tentang apa yang tak disukainya”. Lalu mereka bertanya: “Kalau yang diperbincangkan itu benar, ya, Rasulullah?”. Rasulullah menjawab: “Kalau yang diceritakan itu benar, maka engkau telah melakukan ghibah terhadap saudaramu itu. Kalau yang dibicarakan itu tidak benar, maka engkau telah melakukan kepalsuan terhadap saudaramu”.

Acara gossip di tipi apapun kemasannya adalah acara yang banyak peminatnya, entah berita yang disampaikan benar ataupun salah acara-acara tersebut tidak akan ditinggal oleh penonton setianya. Himbauan Ulama-ulama terkait dengan acara-acara tersebut juga dianggap angin lalu saja.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW Bersabda, “Orang yang menutup ‘aib orang lain di dunia, niscaya Allah menutup ‘aibnya pula kelak di hari kiamat.”

Nah, kita sekarang punya pilihan ingin tetapa bergossip atau kita akan menutup aib orang lain dan sibuk dengan aktivitas-aktivitas berguna yang lain.

Yang ketiga adalah Wanita yang menabur fitnah

“Aku tidak meninggalkan satupun fitnah sepeninggalku yang lebih membahayakan para lelaki kecuali para wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak sudah cerita tentang beberapa tokoh, orang terkenal, pemimpin dunia maupun artis yang nama baik mereka hancur karena terbukti skandal mereka dengan wanita terkuak di Publik.. Namun tak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan seorang laki-laki adalah berkat dukungan dan dorongan dari wanita pula, entah itu ibunya ataupun istrinya yang solehah..

Karena perhiasan yang paling Indah adalah Wanita Solehah…..

Iklan
Kategori:Renungan

Puasa Cantik….

3 Agustus 2011 32 komentar

Sungguh tidak terasa nih, kita udah memasuki hari ketiga aja lho puasa diRamadhan ini. Kira-kira amalan apa sih yang sudah kita persembahkan untuk ALLAH? Ingat kan kalo puasa itu adalah untuk ALLAH dan ALLAH pulalah yang akan mebalas puasa kita. Sebagai manusia kita wajib berusaha beramal sebaik-baiknya. Puasa mengandung makna ibadah yang paripurna karena didalamnya sudah mencakup kejujuran, keikhlasan, pengorbanan, kesabaran dan rasa Syukur.. So?…
Jangan Malas Puasa ya! 

ayam mikir...

Ternyata nggak hanya kita manusia aja lho yang puasa, beberapa hewan pun juga puasa, ayam misalnya, dia berpuasa selama mengerami telornya lho. Ayam mempunyai keinginan agar bisa beranak pinak maka ia berpuasa untuk itu. Ulat ketika ingin tampil cantik menjadi kupu-kupu maka ia akan puasa selama menjadi kepompong, sampai pada waktunyai ia tampil cantik menjadi kupu-kupu, Kalo kita pengen tampil keren dan cantik, mari puasa.

Cantik...

Unta sebagai salah satu hewan padang pasir terbiasa tidak makan dan minum selama berhari-hari lho, mereka jalan-jalan melintasi padang pasir yang gersang yang nyaris jarang ditemui rumput segar. Unta menjadikan punuknya sebagai tempat penyimpan air dan makanan yang ia telan, jadi kalo lapar atau haus tinggal nyedot aja (tolong jangan dibayangin !). ini kayaknya inspirasi manusia Backpacker’an ya?..

Ular juga berpuasa saat ganti kulit, dia bertapa lho tidak meninggalkan tempatnya selama satu sampe dua pekan. Setelah tidak makan dalam kurun waktu lama, ular mendapatkan kulit yang lebih baik, lebih segar dan kembali bergerak lincah, sekali lagi kalo kita pengen segar, keren dan cantik tapi gak pake ganti kulit lho yaheheeh.. Mari berpuasa…

coba tebak? dia puasa nggak?

 Wallahu a’lam bishshowab…

Sukseskan ” One Day One Juz “

 

Kategori:Renungan

Jum’at Semangat

22 Juli 2011 6 komentar

” eh hari Jum’at itu hari yang pendek lho ” kata seorang teman, hehehehe. Padahal hari Jum’at atau yang lainnya tetep sama-sama 24 jam lho. apakah Sholat Jum’at di Masjid itu bener-bener mengurangi dan menghabiskan waktu kita sehingga kita menganggap Jum’at sebagai hari yang pendek gara-gara ada Sholat jum’at itu. padahal kalo dipikir lagi kita Sholat Jum’at itu cuman kurang lebih 1 jam aja, itupun kita bisa sambil istirahat pas Khutbahnya (sambil tidur hehehe…) besok-besok jangan tidur ya.. padahal kalo kita tau keberkahan yang ALLAH turunkan kepada kita dihari Jum’at ini, niscaya kita tidak akan pernah beranjak dari Masjid karena saking banyaknya.

Diawal-awal masuk kuliah dulu saya pernah dapet kajian tentang keberkahan hari Jum’at, saya agak telat sih datengnya (kebiasaan dari dulu sampe sekarang), jadi yang kecatet di buku cuma beberapa hal saja. Ustadz menyampaikan salah satu amalan yang utama di hari Jum’at yaitu membaca Surat Al Kahfi, ada beberapa Ulama yang mengatakan bahwa membaca Surat Al Kahfi sama aja bobotnya dengan membaca surat yang lain. Namun tak sedikit pula yang mengatakan bahwa membaca surat Al Kahfi itu diutamakan karena dicontohkan oleh Rasullullah.. Memang pada dasarnya, kita tidak dibolehkan mengkhususkan ibadah tertentu pada hari Jum’at baik malam ataupun siang berupa shalat, tilawah, puasa dan amal lainnya yang tidak biasa dikerjakan pada hari-hari selainnya. Kecuali, ada dalil khusus yang memerintahkannya. Kita lihat Sabda Rasullullah, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu..

Janganlah menghususkan malam Jum’at untuk mengerjakan shalat dari malam-malam lainnya, dan janganlah mengkhususkan siang hari Jum’at untuk mengerjakan puasa dari hari-hari lainnya, kecuali bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salah seorang kalian.” (HR. Muslim, al-Nasai, al-Baihaqi, dan Ahmad)

nah, dalam kasus (udah kayak kejahatan aja hehehe) perbincangan tentang Surat Al Kahfi ini ada beberapa riwayat tentang hadits Rasullullah yang menyatakan keutamaan Surat Al Kahfi, salah satunya hadits dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu ini..

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

So, mari kita raih semangat dihari Jum’at.. bukan hanya membaca Surat Al Kahfi itu aja lho, Mandi yang bersih, potong kuku, memakai wangi-wangian, menyegerakan ke Masjid kalo mau lebih afdhol sih kita ikutan bersih-bersih Masjid juga lebih baik kok. kan bisa bantuin ta’mir juga mempersiapkan tempat Sholat.

mudah-mudahan sekelumit tentang membaca Surat Al Kahfi ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya membaca Al-Qur’an dan harus dibiasakan sejak dini..

Ayo galakkan “Gerakan tilawah 2lembar setelah Sholat”
Mari Membaca

Wallahu a’lam bishshowab..

Kategori:Renungan

Renungan diPagi Hari

30 Juni 2011 9 komentar

Pagi yang cerah, setelah berlarian ke Masjid bareng teman-teman kontrakan… sambil olahraga.. maklum akhir2 ini Malang mulai mendingin… hehehehe.. aslinya sih bangunnya pada telat, pas Iqamat baru pada berlarian… jadi teringat sebuah nasehat seorang Ulama pembaharu dari Mesir yaitu Hasan AL Banna. Beliau menyampaikan beberapa poin nasehat yang ditujukan kepada kaum Muslimin.. mudaha-mudahan kita senantiasa diberikan kesempatan untuk selalu memperbaiki diri…

10 NASEHAT HASAN AL BANNA

1.Dirikanlah sholat saat engkau setiapkali mendengar azan, dalam keadaan apapun.

2.Bacalah al-Quran, telaah isinya, dengarkan, dan berzikirlah kepada Allah. Jangan gunakan sebagian waktumu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

3.Bersungguh-sungguhlah untuk berbicara bahasa Arab fusha’. Karena itu termasuk syiar Islam.

4.Jangan banyak berdebat dalam hal apapun, karena bersikap hipokrit tidak akan pernah mendatangkan kebaikan.

5.Jangan banyak tertawa, karena hati yang maushul kepada Allah adalah hati yang tenang dan stabil.

6.Jangan bercanda, karena umat yang bersungguh-sungguh tidak mengenal apapun selain kesungguhan.

7.Jangan keraskan suaramu melebihi yang dibutuhkan pendengar, karena hanya akan mengakibatkan serampangan dan menyakitkan (orang lain).

8.Jauhi menggunjing orang lain dan melukai perilaku orang, dan janganlah berbicara kecuali yang baik.

9.Lakukanlah ‘ta’aruf’ (perkenalan) dengan saudara-saudara yang engkau temui meskipun, mereka tidak menuntutmu demikian. Sesungguhnya pondasi dakwah kita adalah cinta dan saling mengenal.

10.Kewajiban kita lebih banyak daripada waktu yang tersedia. Maka bantulah orang lain untuk memanfaatkan waktunya. Kalau engkau punya keperluan, maka segeralah tunaikan kebutuhannya.

Kategori:Renungan